Jumat, 20 Januari 2012

Psikologi Warna sederhana berbasis web

Warna, elemen penting dalam pembuatan web.
pemilihan warna merupakan poin vital dalam pembuatan web, sebab warna memiliki artiannya masing-masing berdasarkan psikologi, antropologi, ekonomi dan lain-lain. dalam artian antropologi, warna sendiri pada tiap-tiap daerah mempunya arti yang berbeda. dalam penggunaan makanan, warna juga memiliki arti yang berbeda. oleh karena saya berasumsi sekali lagi, warna adalah poin vital.
dalam dunia fisik, tidak ada istilah warna, yang ada adalah gelombang cahaya yang memiliki panjang cahaya yang berbeda ( untuk lebih jelas silahkan pelajari kembali pelajaran fisika sma, hehehe). ketika mata kita melihat suatu obyek, cahaya yang jatuh pada mata akan direfleksikan ke mata yang kemudian dalam otak kita tiap-tiap cahaya tersebut akan dipisahkan berdasarkan panjangnya dan direspon oleh kita dan mengasumsikannya sebagai suatu warna.
dalam web design learning bagian pertama ini, saya mengutarakan tema psikologi warna secara umum.
warna sendiri memiliki kategori, yaitu :
1). warna sejuk (cool)



2). warna hangat (warm)








3). warna terang (bright)



kemudian, untuk psikologi warna :
MERAH, melambangkan panas, api, darah, gairah, cinta, kehangatan , kesenangan dan agresi. warna merah sendiri merupakan warna yang paling dapat menarik perhatian dan merupakan warna yang memiliki energi terbesar dalam spektrum
warna merah mampu memacu detak jantung, meningkatkan tekanan darah, menstimulasi energi, menstimulasi orang untuk cepat mengambil keputusan, meningkatkan harapan, percaya diri, sentuhan perlindungan dari ketakutan.
sehingga dalam mendesign web, warna merah dapat kita letakkan pada form-form yang memacu pengunjung untuk mendaftar. namun hindari penggunaan warna merah terlalu dominan, karena sangat melelahkan mata pengunjung ketika melihatnya.
issues :
  1. menggunakan warna merah pada mobil, memiliki kemungkinan lebih besar dalam faktor kecurian.
  2. seseorang yang menggunakan warna merah pada pakaiannya, akan terlihat lebih berat.
  3. menggunakan pakaian berwarna merah, cenderung gagal dalam bernegosiasi atau berkonfrontasi.
KUNING, melambangkan kesenangan, sinar matahari, optimis, kesehatan, kekayaan, pikiran yang kreatif. benda dengan warna kuning emas mengartikan bahwa benda tersebut menjanjikan untuk membawa keuntung di masa depan. warna kuning juga melambangkan kehangatan, karena dianggap sebagai warna refleksi sinar matahari. namun walaupun hangat, kita tidak mau melihatnya karena silau,
warna kuning mampu menstimulasi otak kita untuk berfikir, mengaktifkan memori-memori kita, menstimulasi sistem nervous, mengaktifkan komunikasi, membawa kita untuk berangan-angan.
namun karena penggunaan warna kuning dalam skala besar dapat menghasilkan stimulasi yang menyebabkan iritasi mata. cukup gunakan warna kuning dalam menawarkan suatu produk atau jasa.
issues :
  1. penggunaan warna kuning dalam pewarnaan dinding pada kamar bayi, berpotensi besar untuk membuat bayi menangis
  2. mengakibatkan orang lebih mudah kehilangan emosi jika didalam ruangan yang menggunakan cat kuning
BIRU, sebagai warna favorit, secara psikologi mempresentasikan kebajikan, kepercayaan, loyalitas. Namun juga dapat dipresentasikan sebagai kesedihan, dan depresi.

namun penggunaan warna biru tidak selamanya baik, terutama dalam pewarnaan makanan, sebab dari dulu telah dipercaya oleh masyarakat bahwa makanan berwarna biru tersebut adalah makanan yang mengandung racun.

dalam penggunaannya dalam design grafis khususnya web design, kita bisa menggunakan warna biru ini lebih mayoritas, karena warna biru dipercaya dapat mengeluarkan zat-zat menyenangkan dalam tubuh kita sehingga pengunjung yang mengunjungi web kita bisa menikmatinya.

issues :
  1. penggunaan warna biru pada tembok kelas, menurut peneliti, cenderung meningkatkan prestasi siswa.
  2. penulisan dengan tinta biru lebih mudah diingat oleh otak
  3. warna biru lebih meningkatkan produktifitas
  4. penggunaan warna biru pada saat wawancara kerja, menunjukkan ada punya loyalitas pada pekerjaan
HIJAU, sebagai warna yang secara langsung dikaitkan dengan alam dan juga termasuk ke dalam warna favorit setelah biru, mempresentasikan pertumbuhan, kesehatan. harmoni. Warna hijau sendiri merupakan warna yang paling nyaman untuk diterima oleh mata.

Dalam kebudayaan bangsa-bangsa, contohnya bangsa barat, warna hijau dipercaya sebagai warna keberuntungan. Sedangkan di Cina, ada istilah “Topi Hijau” yang berarti seorang istri melakukan perbuatan selingkuh. Pernikahan di abad menengah menggunakan warna ini, karena warna hijau dahulu diartikan sebagai warna kesuburan.

Penggunaan warna hijau pada web design bisa digunakan sebagai warna mayoritas layaknya warna biru. Dengan penggunaan warna hijau, timbul image pada pengunjung suatu bahwa web tersebut menyegarkan

issues
  1. ruang operasi menggunakan warna hijau karena wearna hijau dipercaya oleh peneliti memiliki kekuatan menyembuhkan.
  2. warna hijau banyak digunakan pada ruang-ruang santai, sebab warna hijau mampu merelakskan tubuh yang melihatnya
  3. penggunaan warna hijau ternyata dapat meningkatkan kemampuan membaca. Peneliti telah mengujinya dengan meletakkan kertas transparan berwarna hijau di atas teks, ternyata kemampuan siswa dalam membaca meningkat.
  4. pekerja yang banyak berkerja di lingkung berwarna hijau cenderung jarany terserang sakit perut.
  5. hijau tua melambangkan maskulin, konservatif dan kemakmuran
  6. emerald green melambangkan kematian
  7. olive green melambangkan ketenangan
  8. yellow green merupakan warna yang jarang digunakan oleh konsumen
ORANYE, warna perpaduan dari kuning dan merah, warna yang merepresentasikan keramahan, kesehatan, kehangatan dan kesuksesan. oranye juga merepresentasikan fun, flamboyan, semangat, antusias namun juga menandakan arogansi, emosi berlebihan, berbahaya dll.
penggunaan warna oranye dapat meningkatkan energi, kinerja paru-paru yang berarti meningkatkan supply oksigen ke otak sehingga otak semakin baik dalam bekerja dan menghasilkan ide-ide, menstimulasi aktifitas, meningkatna sosialisasi. penggunaan warna oranye juga dapat direpresentasikan dengan “benar-benar suka” atau “benar-benar benci”.
warna oranye dalam design bisa digunakan pada warna dasar produk, selain dapat menarik perhatian (pengaruh dari warna merah) juga dapat “berbicara” kepada konsumen bahwa produk tersebut ramah dan mudah dijangkau (pengaruh warna kuning). sedangkan penggunaan pada web design, warna oranye bisa digunakan sebagai warna mayoritas, yang nantinya menimbulkan image pada pengunjung situs bahwa web tersebut ramah.
issues :
  1. warna oranye menandakan daun-daun yang berguguran, simbol warna labu dan halloween.
  2. “black” box dalam pesawat terbang sebenarnya berwarna oranye
  3. “There is no blue without yellow and without orange.” kata Vincent Van Gogh
  4. “Orange is the happiest color.” quote-nya Frank Sinatra

COKLAT, sebagai warna yang melambangkan tanah dan kayu, warna yang dipercaya dapat menimbulkan kesan alami dan nyaman. Penggunaan warna oranye bisa direpresentasikan sebagai kestabilan, ketahanan, makhluk hidup dan keteraturan. Namun juga bisa diartikan sebagai sayu dan muram karena bisa diartikan sebagai dekil.

coklat bisa diartikan dengan ramah “down to earth” namun juga bisa diartikan sebagai “terisolasi”

penggunaan warna coklat pada design mungkin bisa diartikan sebagai keteraturan. warna coklat jika digunakan sebagai warna mayoritas, lebih baik bisa digunakan pada produk/web yang berhubungan dengan natural atau alam.

issues :
  1. jika bermimpi warna coklat, kemungkinan anda beruntung mengenai uang
  2. dalam bahasa jepang, tidak ada kata spesifik untuk menyebut warna coklat, yang ada warna seperti teh, musang atau daun yang gugur.
  3. laki-laki favorit dalam menggunakan warna coklat pada pakaiannya.
UNGU, warna yang terbuat dari pencampuran warna biru dan merah, yang menunjukkan sifat kebangsawanan, kemewahan, kekayaan, kerajaan, romantisme. ungu ini adalah warna yang sangat jarang muncul di alam. bahkan jaman purbakala dulu, untuk membuat warna ungu, orang-orang menggunakan beberapa jenis kerang. Selain mengungkapkan sifat-sifat tersebut, warna ungu juga mengungkapkan arogansi, homoseksual, ketidakseimbangan dan lain-lain.
kebanyakan orang mendekorasi ruangan dengan menggunakan warna ungu sebagai mayoritas bertujuan agar terlihat mewah dan artisitik.
penggunaan warna ungu dalam mendesign bisa digunakan jika kita menginginkan image yang tercipta dari design kita itu mewakili luxury / mewah / artisitik, sehingga patut digunakan ketika mendefinisikan suatu produk atau jasa yang nilainya mahal namun memiliki nilai lebih di dalamnya. warna ini kurang cocok jika digunakan sebagai warna mayoritas yang utama, mungkin lebih kepada warna sub-mayor.
issues :

  1. warna ungu digunakan oleh janda thailand ketika pemakaman suaminya
  2. warna ungu adalah warna favorit cleopatra
  3. ungu digunakan ebagai dekorasi militer amerika untuk tentara yang cedera atau gugur di medan pertempuran
  4. leonardo da vinci percaya bahwa kekuatan meditasi bertambah sepuluh kali lipat ketika dilakukan di dalam pancaran cahaya ungu
  5. pada tahun 1999, reverand jerry farwell mengkritik penampilan acara anak-anak teletubbies tinky-winky, karena penggunaan warna ungu dan simbol segitiga pada antenanya yang merupakan lambang kaum gay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar