pemilihan warna
merupakan poin vital dalam pembuatan web, sebab warna memiliki artiannya
masing-masing berdasarkan psikologi, antropologi, ekonomi dan
lain-lain. dalam artian antropologi, warna sendiri pada tiap-tiap daerah
mempunya arti yang berbeda. dalam penggunaan makanan, warna juga
memiliki arti yang berbeda. oleh karena saya berasumsi sekali lagi,
warna adalah poin vital.
dalam dunia fisik,
tidak ada istilah warna, yang ada adalah gelombang cahaya yang memiliki
panjang cahaya yang berbeda ( untuk lebih jelas silahkan pelajari
kembali pelajaran fisika sma, hehehe). ketika mata kita melihat suatu
obyek, cahaya yang jatuh pada mata akan direfleksikan ke mata yang
kemudian dalam otak kita tiap-tiap cahaya tersebut akan dipisahkan
berdasarkan panjangnya dan direspon oleh kita dan mengasumsikannya
sebagai suatu warna.
dalam web design learning bagian pertama ini, saya mengutarakan tema psikologi warna secara umum.
warna sendiri memiliki kategori, yaitu :
1). warna sejuk (cool)
2). warna hangat (warm)
3). warna terang (bright)
kemudian, untuk psikologi warna :
MERAH,
melambangkan panas, api, darah, gairah, cinta, kehangatan , kesenangan
dan agresi. warna merah sendiri merupakan warna yang paling dapat
menarik perhatian dan merupakan warna yang memiliki energi terbesar
dalam spektrum
warna merah mampu
memacu detak jantung, meningkatkan tekanan darah, menstimulasi energi,
menstimulasi orang untuk cepat mengambil keputusan, meningkatkan
harapan, percaya diri, sentuhan perlindungan dari ketakutan.
sehingga dalam
mendesign web, warna merah dapat kita letakkan pada form-form yang
memacu pengunjung untuk mendaftar. namun hindari penggunaan warna merah
terlalu dominan, karena sangat melelahkan mata pengunjung ketika
melihatnya.
issues :
- menggunakan warna merah pada mobil, memiliki kemungkinan lebih besar dalam faktor kecurian.
- seseorang yang menggunakan warna merah pada pakaiannya, akan terlihat lebih berat.
- menggunakan pakaian berwarna merah, cenderung gagal dalam bernegosiasi atau berkonfrontasi.
KUNING, melambangkan
kesenangan, sinar matahari, optimis, kesehatan, kekayaan, pikiran yang
kreatif. benda dengan warna kuning emas mengartikan bahwa benda tersebut
menjanjikan untuk membawa keuntung di masa depan. warna kuning juga
melambangkan kehangatan, karena dianggap sebagai warna refleksi sinar
matahari. namun walaupun hangat, kita tidak mau melihatnya karena silau,
warna kuning mampu
menstimulasi otak kita untuk berfikir, mengaktifkan memori-memori kita,
menstimulasi sistem nervous, mengaktifkan komunikasi, membawa kita untuk
berangan-angan.
namun karena penggunaan
warna kuning dalam skala besar dapat menghasilkan stimulasi yang
menyebabkan iritasi mata. cukup gunakan warna kuning dalam menawarkan
suatu produk atau jasa.
issues :
- penggunaan warna kuning dalam pewarnaan dinding pada kamar bayi, berpotensi besar untuk membuat bayi menangis
- mengakibatkan orang lebih mudah kehilangan emosi jika didalam ruangan yang menggunakan cat kuning
namun penggunaan warna
biru tidak selamanya baik, terutama dalam pewarnaan makanan, sebab dari
dulu telah dipercaya oleh masyarakat bahwa makanan berwarna biru
tersebut adalah makanan yang mengandung racun.
dalam penggunaannya
dalam design grafis khususnya web design, kita bisa menggunakan warna
biru ini lebih mayoritas, karena warna biru dipercaya dapat mengeluarkan
zat-zat menyenangkan dalam tubuh kita sehingga pengunjung yang
mengunjungi web kita bisa menikmatinya.
issues :
- penggunaan warna biru pada tembok kelas, menurut peneliti, cenderung meningkatkan prestasi siswa.
- penulisan dengan tinta biru lebih mudah diingat oleh otak
- warna biru lebih meningkatkan produktifitas
- penggunaan warna biru pada saat wawancara kerja, menunjukkan ada punya loyalitas pada pekerjaan
Dalam kebudayaan
bangsa-bangsa, contohnya bangsa barat, warna hijau dipercaya sebagai
warna keberuntungan. Sedangkan di Cina, ada istilah “Topi Hijau” yang
berarti seorang istri melakukan perbuatan selingkuh. Pernikahan di abad
menengah menggunakan warna ini, karena warna hijau dahulu diartikan
sebagai warna kesuburan.
Penggunaan warna hijau
pada web design bisa digunakan sebagai warna mayoritas layaknya warna
biru. Dengan penggunaan warna hijau, timbul image pada pengunjung suatu
bahwa web tersebut menyegarkan
issues
- ruang operasi menggunakan warna hijau karena wearna hijau dipercaya oleh peneliti memiliki kekuatan menyembuhkan.
- warna hijau banyak digunakan pada ruang-ruang santai, sebab warna hijau mampu merelakskan tubuh yang melihatnya
- penggunaan warna hijau ternyata dapat meningkatkan kemampuan membaca. Peneliti telah mengujinya dengan meletakkan kertas transparan berwarna hijau di atas teks, ternyata kemampuan siswa dalam membaca meningkat.
- pekerja yang banyak berkerja di lingkung berwarna hijau cenderung jarany terserang sakit perut.
- hijau tua melambangkan maskulin, konservatif dan kemakmuran
- emerald green melambangkan kematian
- olive green melambangkan ketenangan
- yellow green merupakan warna yang jarang digunakan oleh konsumen
penggunaan warna oranye
dapat meningkatkan energi, kinerja paru-paru yang berarti meningkatkan
supply oksigen ke otak sehingga otak semakin baik dalam bekerja dan
menghasilkan ide-ide, menstimulasi aktifitas, meningkatna sosialisasi.
penggunaan warna oranye juga dapat direpresentasikan dengan “benar-benar
suka” atau “benar-benar benci”.
warna oranye dalam
design bisa digunakan pada warna dasar produk, selain dapat menarik
perhatian (pengaruh dari warna merah) juga dapat “berbicara” kepada
konsumen bahwa produk tersebut ramah dan mudah dijangkau (pengaruh warna
kuning). sedangkan penggunaan pada web design, warna oranye bisa
digunakan sebagai warna mayoritas, yang nantinya menimbulkan image pada
pengunjung situs bahwa web tersebut ramah.
issues :
- warna oranye menandakan daun-daun yang berguguran, simbol warna labu dan halloween.
- “black” box dalam pesawat terbang sebenarnya berwarna oranye
- “There is no blue without yellow and without orange.” kata Vincent Van Gogh
- “Orange is the happiest color.” quote-nya Frank Sinatra
COKLAT,
sebagai warna yang melambangkan tanah dan kayu, warna yang dipercaya
dapat menimbulkan kesan alami dan nyaman. Penggunaan warna oranye bisa
direpresentasikan sebagai kestabilan, ketahanan, makhluk hidup dan
keteraturan. Namun juga bisa diartikan sebagai sayu dan muram karena
bisa diartikan sebagai dekil.
coklat bisa diartikan dengan ramah “down to earth” namun juga bisa diartikan sebagai “terisolasi”
penggunaan warna coklat
pada design mungkin bisa diartikan sebagai keteraturan. warna coklat
jika digunakan sebagai warna mayoritas, lebih baik bisa digunakan pada
produk/web yang berhubungan dengan natural atau alam.
issues :
- jika bermimpi warna coklat, kemungkinan anda beruntung mengenai uang
- dalam bahasa jepang, tidak ada kata spesifik untuk menyebut warna coklat, yang ada warna seperti teh, musang atau daun yang gugur.
- laki-laki favorit dalam menggunakan warna coklat pada pakaiannya.
kebanyakan orang
mendekorasi ruangan dengan menggunakan warna ungu sebagai mayoritas
bertujuan agar terlihat mewah dan artisitik.
penggunaan warna ungu
dalam mendesign bisa digunakan jika kita menginginkan image yang
tercipta dari design kita itu mewakili luxury / mewah / artisitik,
sehingga patut digunakan ketika mendefinisikan suatu produk atau jasa
yang nilainya mahal namun memiliki nilai lebih di dalamnya. warna ini
kurang cocok jika digunakan sebagai warna mayoritas yang utama, mungkin
lebih kepada warna sub-mayor.
issues :
- warna ungu digunakan oleh janda thailand ketika pemakaman suaminya
- warna ungu adalah warna favorit cleopatra
- ungu digunakan ebagai dekorasi militer amerika untuk tentara yang cedera atau gugur di medan pertempuran
- leonardo da vinci percaya bahwa kekuatan meditasi bertambah sepuluh kali lipat ketika dilakukan di dalam pancaran cahaya ungu
- pada tahun 1999, reverand jerry farwell mengkritik penampilan acara anak-anak teletubbies tinky-winky, karena penggunaan warna ungu dan simbol segitiga pada antenanya yang merupakan lambang kaum gay
Tidak ada komentar:
Posting Komentar